Home / Metropolitan / 88 Persen Kondisi KUA di Jakarta Kondisinya Tak Layak

88 Persen Kondisi KUA di Jakarta Kondisinya Tak Layak

Hampir 90 persen kantor urusan agama (KUA) di DKI Jakarta tak layak. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta turun tangan. Hal itu diungkap Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi saat meninjau kondisi Kantor Urusan Agama (KUA) di Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan KUA Kebon Jeruk Jakarta Barat. Menurut dia, jumlah keseluruhan kantor KUA di DKI Jakarta ada 44 gedung, tersebar di 5 wilayah kotamadya dan satu kabupaten administratif.

Dari 44 KUA ada 39 KUA yang kondisinya memprihatinkan atau hampir 88,6 persen kantor KUA di DKI Jakarta kondisinya tidak layak. "Sangat memprihatinkan kondisi KUA yang lokasinya di wilayah ibukota Jakarta, kondisinya sangat buruk dan tidak layak. Bahkan ada beberapa yang atapnya hampir roboh," ujar Zainut diketerangan resminya. Ia melanjutkan, rata rata kantor KUA dibangun pada tahun 1992 oleh Pemda DKI Jakarta dan belum pernah dilakukan renovasi besar.

Ada kendala utama yang dihadapi, yakni lokasi kantor KUA di wilayah DKI Jakarta merupakan tanah Pemda DKI sehingga Kantor Kementerian Agama (Kemenag) tidak bisa melakukan pembangunan baik renovasi besar maupun renovasi total. Tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 138 Tahun 2019 bahwa tidak boleh membangun bangunan di atas tanah yang bukan miliknya. Sementara Pemda DKI merasa masih menjadi urusan agama di bawah Kemenag, maka perawatan dan renovasi KUA tidak dimasukkan ke dalam anggaran APBD nya.

Ia berharap Gubernur DKI Jakarta bisa memberikan perhatian lebih masalah kantor KUA ini "Setelah kunjungan lapangan ini saya ingin silaturahmi dengan Bapak Gubernur DKI Jakarta untuk membicarakan masalah ini, semoga ada solusi dan jalan keluar yang baik dari permasalahan ini," ungkap Zainut Dalam kunjungan tersebut Wamenag didampingi Direktur Bina KUA Muharam Marzuki, Sekretaris Dirjen Bimas Islam Tarmizi Tohor dan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Syaiful Mujab.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Polisi Serahkan Berkas Perkara menuju Kejaksaan Kasus John Kei Cs Dinyatakan Lengkap

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya telah merampungkan berkas perkara penyerangan dan pembunuhan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *