Home / Internasional / Almamater Jungkook BTS, SOPA Tersandung Skandal Korupsi, Masyarakat Korea Ajukan Petisi

Almamater Jungkook BTS, SOPA Tersandung Skandal Korupsi, Masyarakat Korea Ajukan Petisi

School of Performing Arts (SOPA) Seoul, almamater sekolah Jungkook BTS tersandung skandal. SOPA menjadi sorotan masyarakat Korea Selatan setelah para alumninya mengungkap kasus korupsi dan ketidakadilan di sekolah seni ini. Pada 17 Februari 2019, alumni SOPA mengunggah sebuah video musikal yang menceritakan kondisi sekolahnya lewat YouTube.

Dalam video musikal tersebut, mereka mengungkapkan perlakuan tidak adil pihak sekolah terhadap siswa SOPA. Untuk menghadiri acara tersebut, pihak sekolah tidak memberikan biaya alias dibebankan kepada para siswa. Para siswa yang menolak tampil akan diperlakukan secara berbeda oleh pihak SOPA.

Parahnya, ada staf sekolah yang melakukan tindak pelecehan terhadap para siswa. Bahkan siswa SOPA dilarang keras mengungkapkan perlakuan pihak sekolah tersebut. Beberapa siswa mendapat ancaman dari pihak sekolah jika tertangkap basah menyebarkan skandal SOPA ke media sosial.

Dalam video musikal di YouTube, alumni SOPA menyebutkan telah ada beberapa dari teman mereka yang berusaha melaporkan kasus tersebut pada Kementerian Pendidikan. Atau menyebarkan permasalahan itu lewat Faceboon dan dikirim ke Komite Disiplin Sekolah. Sayang, mereka justru diancam dan pihak SOPA mengatakan akan membawanya ke jalur hukum.

Lewat video musikal yang diunggah, alumni SOPA meminta warganet untuk membantu mereka menyebarkan kebenaran agar kasus sekolah mereka bisa segera diproses. Terkait skandal tersebut, masyarakat Korea Selatan pun mengajukan petisi ke Blue House. Dilansir News & Joy , dalam petisi tersebut, masyarakat meminta keterangan dari pihak sekolah soal hasil audit dan masalah para siswa.

"Hasil audit sekolah belum diputuskan, pihak kepolisian hingga saat ini juga masih melakukan pemeriksaan," ujar perwakilan SOPA. "Soal video yang beredar luas, karena dibuat oleh alumni, kami tak akan membicarakannya," tambahnya. Ia juga menyebutkan Kepala Sekolah dan Kepala Administasri SOPA masih bekerja seperti biasanya.

"Kepala sekolah dan kepala administrasi masih bekerja seperti biasa, tapi hari ini mereka tidak ada," kata perwakilan SOPA. SOPA merupakan sekolah menengah kesenian yang berada di Guro gu, Seoul, Korea Selatan. Sekolah seni ini sering menjadi rujukan para idol K Pop untuk menuntut ilmu.

Jungkook BTS, Kai EXO, S.Coups SEVENTEEN, dan Seulgi Red Velvet, adalah segelintir idol K Pop yang merupakan alumni SOPA. Simak video musikal alumni SOPA berikut ini.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Donald Trump Tolak Menarik Kata-katanya yang Menyebut Kamala Harris Tak Pantas Jadi Cawapres

Presiden Donald Trump menolak untuk menarik kembali klaim palsu yang menyebut Kamala Harris tidak pantas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *