Home / Nasional / Anggota Dewan Pengawas KPK yang Dilantik Presiden Jokowi Profil Singkat Syamsuddin Haris

Anggota Dewan Pengawas KPK yang Dilantik Presiden Jokowi Profil Singkat Syamsuddin Haris

Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syamsuddin Haris ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Syamsuddin hadir di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta mengenakan setelah jas dan celanan panjang warna hitam. Ia nampak memadukan kemeja putih dengan dasi berwarna merah.

Lalu, siapa Syamsuddin Haris? Syamsuddin Haris adalah peneliti senior pada Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI. Ia adalah Profesor Riset bidang perkembangan politik Indonesia.

Dilansir dari portal . Syamsuddin merupakan doktor ilmu politik yang juga menjabat Kepala Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI. Pria tersebut lahir di Bima, Nusa Tenggara Barat, 9 Oktober 1957. Syamsuddin menikah dengan Rochmawati.

Peneliti bidang sosial budaya pada Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan (PMB) LIPI dikaruniai dua orang puteri, Ayu Susanti Aditya dan Diah Fanny Amalia. Selain menjadi peneliti, lulusan FISIP Universitas Nasional (S 1) dan FISIP UI (S 2 dan S 3) ini mengajar pada Program Pasca Sarjana Ilmu Politik pada FISIP Universitas Nasional (UNAS). Ia juga mengajar di program Pasca Sarjana Komunikasi pada FISIP Universitas Indonesia (UI).

Dewan Pengawas KPK yang baru saja ditunjuk ini juga aktif dalam organisasi profesi kalangan sarjana/ahli politik, yakni Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI). Ia pernah menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat AIPI periode 2008 2011. Syamsuddin juga pernah menulis sejumlah buku, puluhan artikel di jurnal, dan lebih dari seratus kolom di media cetak.

Bukunya Demokrasi di Indonesia: Gagasan dan Pengalaman (LP3ES, 1995) memperoleh penghargaan sebagai Buku Terbaik bidang ilmu ilmu sosial dari Yayasan Buku Utama. Sejak menjadi peneliti pada Lembaga Research Kebudayaan Nasional (LRKN) LIPI pada 1985. Syamsuddin Haris memfokuskan perhatian, minat dan kajian dalam masalah pemilu, partai politik, parlemen, otonomi daerah, dan demokratisasi di Indonesia.

Beberapa pengalaman Syamsuddin Haris di antaranya adalah: 1990 1995 Menjadi Koordinator Penelitian Wawasan Kebangsaan. 1995 1998 Koordinator Penelitian Pemilu di Indonesia.

1999 2000 Anggota Tim Penyusun UU Bidang Politik versi LIPI. 2000 2001 Koordinator Penelitian Paradigma Baru Hubungan Pusat Daerah. 2002 2003 Ketua Tim Penyusun Revisi UU Otonomi Daerah versi LIPI

2003 2004 Anggota Tim Ahli Revisi UU Otonomi Daerah Depdagri. 2006 Anggota Tim Ahli Penyusun RPP Partai Lokal Aceh. 2006 2007 Ia terlibat sebagai Tim Ahli Pokja Revisi Undang Undang Bidang Politik yang dibentuk oleh Menteri Dalam Negeri.

2007 Ketua Tim Penyusun Naskah Akademik RUU Bidang Politik versi LIPI. Adapun lima orang anggota Dewan Pengawas KPK pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu adalah: 1. Artidjo Alkostar Mantan Hakim Mahkamah Agung

2. Albertina Ho Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang 3. Syamsuddin Haris Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia 4. Harjono Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi

5. Tumpak Hatarongan Panggabean Mantan Wakil Ketua KPK (2003 2007)

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

25 Tahanan Kejagung yang Sempat Dievakuasi karena Insiden Kebakaran Dikembalikan Lagi

25 tahanan yang sempat dipindahkan dari rumah tahanan (Rutan) Kejaksaan Agung RI ke Rutan Salemba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *