Home / Nasional / Awasi Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Timur Pesan Jokowi menuju Wamen Wempi Wetipo

Awasi Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Timur Pesan Jokowi menuju Wamen Wempi Wetipo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Jhon Wempi Wetipo, putra asli Papua, sebagai Wakil Menteri PUPR. Presiden Jokowi berharap Wempi dapat membantu pemerintah dalam rangka membangun infastruktur di wilayah Indonesia Timur, termasuk Papua. Sekaligus menyelesaikan konflik yang masih terus terjadi di Bumi Cenderawasih.

“Presiden lebih menekankan kepada saya bagaimana melakukan fungsi pengawasannya (pembangunan infrastruktur),” kata Wempi, Jumat (25/10/2019). Presiden, sambung Wempi, juga menekankan kepadanya untuk memastikan program Nawacita terlaksana dengan baik. Sehingga dalam pembangunan infastruktur di wilayah Indonesia Timur yakni Papua, Papua Barat, Maluku, NTT, dan NTB tidak terjadi ketimpangan sosial.

“Itu harapan pak Presiden, dan saya harap bisa membantu bapak Menteri untuk bisa melakukan kebijakan pak Presiden itu,” ujarnya. Dalam mengawal percepatan pembangunan infastruktur di Papua yang kerap mendapat gangguan dari kelompok kelompok kriminal bersenjata, Wempi menekankan dirinya secara khusus diminta oleh presiden, di luar tanggung jawabnya sebagai Wamen PUPR, untuk menyelesaikan persoalan tersebut. “Itu satu tugas khusus bagaimana saya bisa membantu untuk memulihkan kondisi keamanan di Papua,” imbuh mantan Bupati Jayawiya dua periode itu.

Adapun formulanya, sebagai putra asli Papua ia menekankan bakal melakukan koordinasi yang efektif dengan TNI dan Polri. Terutama dalam mengoptimalkan komunikasi yang baik dan komprehensif dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, dan kaum intelektual yang ada di Papua. Sehingga tercipta persepsi yang sama bagaimana mengawal pembangunan infastruktur di Papua.

“Juga untuk sama sama memulihkan kondisi Papua yang lebih baik, sehingga proses membangun infrastruktur tidak terhalang oleh gerakan yang akan mengganggu kebijakan Presiden,” kata Wempi. Sebelumnya, Jokowi telah mengumumkan nama 34 menteridi Istana Kepresidenanpada Rabu (23/10/2019). Dipantau dari live streaming kanal YouTube Sekretariat Presiden , pengumuman nama nama wakil menteri ini sekitar pukul 14.00 WIB.

Pengumuman dilakukan limahari setelah Jokowi dilantik sebagai presiden di Gedung DPR/MPR, Minggu (20/10/2019) kemarin. Sejumlah orang yang dipanggil ke Istana Kepresidenan diketahui ada yang berasal dari partai politik, ada juga yang berasal dari kalangan profesional. 1. Luar Negeri: Mahendra Siregar

2. Pertahanan: Wahyu Sakti Trenggono 3. Agama: Zainut Tauhid Sa'adi 4. Keuangan: Suahasil Nazara

5. Perdagangan: Jerry Sambuaga 6. Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: John Wempi Wetimpo 7. Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Alue Dohong

8. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Budi Arie Setiadi 9. Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN: Surya Tjandra 10. BUMN: Kartika Wirjoatmodjo

11. BUMN: Budi Gunadi Sadikin 12. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo Dipantau dari siaran KompasTV , menjelang pelantikan wakil menteri kabinet tersebut, terlihat sejumlah calon wakil menteri datang ke Istana pada Jumat pagi ini.

Terlihat beberapa calon menteri datang satu per satu. Adapun latar belakang para calon wakil menteri tersebut berasal dari berbagai kalangan mulai dari kalangan profesional, partai politik hingga ada juga relawan Joko Widodo Maruf Amin saat Pilpres 2019 lalu. Diberitakan sebelumnya,Jokowi menyatakan sudah merampungkan nama nama wakil menterinya dan akan diumumkan secepatnya.

Dalam acara temu wartawan kepresidenan di Istana Merdeka, Jakarta, Jokowi menyatakan wakil menterinya berasal dari kalangan parpol dan profesional. Jokowi menyebut sebagian wakil menteri berasal dari profesional di bidangnya, namun ada juga yang berasal dari partai politik. "Mengenai Wamen jadi sebetulnya sudah selesai (disusun). Wamen itu sudah selesai. Ada dari partai ada juga dari profesional," kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Kepresidenan,dikutip dari

Jokowi belum mau mengungkap kementerian apa saja yang akan mendapat wamen dan berapa jumlahnya. Namun Jokowi menyebut bisa saja ada kementrian yang mendapat jatah lebih dari satu wakil menteri.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

25 Tahanan Kejagung yang Sempat Dievakuasi karena Insiden Kebakaran Dikembalikan Lagi

25 tahanan yang sempat dipindahkan dari rumah tahanan (Rutan) Kejaksaan Agung RI ke Rutan Salemba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *