Home / Sains / Begini Cara Melihatnya Puncak Hujan Meteor Perseid 12-13 Agustus Jangan Lewatkan

Begini Cara Melihatnya Puncak Hujan Meteor Perseid 12-13 Agustus Jangan Lewatkan

Puncak hujan meteor Perseid akan terjadi pada 12 dan 13 Agustus 2020. Hujan meteor Perseid ini telah terjadi sejak 17 Juli 2020 lalu dan akan berakhir pada 24 Agustus mendatang. Hujan meteor Perseid terjadi setiap tahun antara 17 Juli hingga 24 Agustus, ketika bumi melewati melintasi jalur orbit Komet 109P/Swift Tuttle yang menyisakan sisa sisa debu dari komet itu.

Dinamai hujan meteor Perseid, hal ini berdasarkan titik radian (titik asal munculnya hujan meteor) yang terletak di konstelasi rasi bintang Perseus. Menurut , hujan meteor Perseid ini disebut sebagai hujan meteor terbaik untuk tahun ini. Terlebih pada saat mencapai puncaknya nanti, bulan memasuki fase akhir yang telah mencapai 3/4 putaran.

Dengan begitu, intensitas cahaya bulan tidak terlalu kuat sehingga memungkinkan untuk melihat pancaran cahaya dari meteor. Hujan meteor Perseid paling baik di belahan bumi utara. Bagi yang berada di belahan bumi selatan, seperti di Indonesia ini, dapat melihat ke arah timur laut untuk melihat lebih banyak meteor.

Menurut , intensitas maksimum hujan meteor ini mencapai 60 70 meteor tiap jamnya dengan kelajuan meteor mencapai 212.400 km/jam. Fenomena ini dapat disaksikan mulai tengah malam hingga fajar bahari/nautika berakhir, yakni 24 menit sebelum matahari terbit. Adapun waktu terbaik untuk melihatnya adalah saat menjelang fajar.

Untuk melihat hujan meteor ini, tidak dibutuhkan peralatan khusus. Dilansir ,berikut ini tips untuk melihat hujan meteor Perseid dengan maksimal. Meski puncaknya pada 12 13 Agustus, anda juga bisa menyaksikannya steelah masa puncak hingga berakhir 24 Agustus nanti.

Meski intensitas meteornya lebih sedikit, namun itu akan tetap bisa dilihat. Sebab mulai atau sekitar 17 Agustus, bulan memasuki fase akhir atau bulan sabit. Dengan begitu langit akan tanpa bulan dan lebih sedikit cahaya bulan yang akan mengganggu penglihatan.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Mega Turbin Angin Lepas Pantai Pertama Akan Dibangun di Perairan Malaysia

Teknologi terbaru mega turbin terapung berteknologi angin terbesar di Asia Tenggara akan dibangun di lepas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *