Home / Nasional / Berikut Peristiwanya Diperingati Setiap Tanggal 1 Mei Sejarah Hari Buruh Sedunia & di Indonesia

Berikut Peristiwanya Diperingati Setiap Tanggal 1 Mei Sejarah Hari Buruh Sedunia & di Indonesia

Hari Buruhjuga sering disebut sebagai May Day yang umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei. Di beberapa negara, peringatanHariBuruhInternasional atauMayDayditetapkan sebagai hari libur nasional, termasuk di Indonesia. MayDaytak terlepas dari peristiwa perjuangan para pekerja untuk mendapakan hak haknya.

Banyak peristiwa yang terjadi hingga terciptanya Hari Buruh Internasional dan Hari Buruh di Indonesia. Peringatan 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional erat dengan peristiwa Haymarket . Pada1 Mei1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar besaran.

Di Amerika Serikat, para buruh menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam sehari, sebagaimana dilansir . Aksi tersebut berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei. Pada 4 Mei1886, para demonstran melakukan pawai besar besaran, hingga petugas keamanan menembaki para demonstran.

Sementara itu, di berbagai negara juga terjadi pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil. Pada bulanJuli1889, KongresSosialisDunia yang diselenggarakan diParismenetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei sebagai hari buruh sedunia. Sejak tahun1890, tanggal 1 Mei atau May Day, diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara.

Di Indonesia, Hari Buruh mulai diperingati pada pada tahun 1920. Namun, pada masa pemerintahanOrde Baru, Hari Buruh tidak lagi diperingati. Sehingga, 1 Meibukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi.

Hal tersebut disebabkangerakan buruhdihubungkan dengan pahamkomunis sejak kejadianG30Spada1965 di Indonesia. Setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan hari libur, setiap 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia denganberbagai aksi di berbagai kota. Kemudian, peringatanMay Day mulai tahun1999 2006, tidak ada tindakan para buruh yang masuk kategori membahayakan ketertiban umum.

Justru adanya tindakanrepresifaparat keamanan terhadap kaum buruh. Dikarenakan, mereka masih berpedoman pada paradigma lama yang menganggap peringatanMay Day dilatarbelakangi gerakan komunis. Dilansir , kekhawatiran adanya kerusuhan akibat gerakan massa buruh setiap tanggal 1 Mei, ternyata tidak terbukti.

Pada tahun 2006, Aksi May Day 2006 terjadi di berbagai kota di Indonesia. Misalnya Jakarta,Lampung,Makassar,Malang,Surabaya,Medan,Denpasar, Bandung, hingga Batam. Di Jakarta, unjuk rasapuluhan ribu buruh di beberapa titik, sepertiBundaran HIdanParkir Timur Senayan.

Di mana sasaran utama adalahGedung MPR/DPRdi Jalan Gatot Subroto danIstana Negaraatau Istana Kepresidenan. Selain itu, lebih dari 2.000 buruh juga beraksi di Kantor Wali KotaJakarta Utara. Mereka menolak revisi Undang undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang banyak merugikan kalangan buruh.

Pada tahun 2007, ribuan buruh, mahasiswa, organisasi kepemudaan, dan masyarakat di Jakarta turun ke jalan. Berbagai titik di Jakarta dipenuhi para pengunjuk rasa. Seperti Kawasan Istana Merdeka, Gedung MPR DPR DPD, Gedung Balai Kota dan DPRD DKI, Gedung Depnaker dan Disnaker DKI, serta Bundaran Hotel Indonesia.

Hinga akhirnya, Pemerintah menetapkan Hari Buruh setiap 1 Mei sebagai hari libur nasional.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

25 Tahanan Kejagung yang Sempat Dievakuasi karena Insiden Kebakaran Dikembalikan Lagi

25 tahanan yang sempat dipindahkan dari rumah tahanan (Rutan) Kejaksaan Agung RI ke Rutan Salemba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *