Home / Bisnis / Brand yang Inovatif Jadi Pilihan Konsumen

Brand yang Inovatif Jadi Pilihan Konsumen

Di tengah persaingan bisnis konsumer yang ketat, konsumen akan cenderung memilih produk dari brand yang mereka anggap paling inovatif. Namun faktanya, tidak semua brand mampu menciptakan inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk atau jasanya. Hanya brand dengan tim riset dan pengembangan sangat kreatiflah yang bisa memenangi persaingan di pasar. Pendapat itu disampaikan Chief Executive Officer Tras N Co Indonesia & Founder Info Brand Group, Tri Raharjo dalam sesi konferensi pers via streaming Zoom dengan media terkait ajang penghargaan Pertama di Indonesia & Top Innovation Choice Award di Jakarta, Kamis, 6 Agustus 2020.

Tri mengatakan, inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk/jasa secara nyata telah memberikan dampak yang positif bagi sebuah brand untuk tetap survive dan bersaing di kompetisi bisnis yang sengit saat ini. "Karenanya, spirit inovasi dan kreativitas sebuah brand harus selalu diapresiasi dan dikembangkan guna menegaskan posisinya di mata konsumen," ujar Tri Raharjo. "Penghargaan Pertama di Indonesia dan Top Innovation Choice Award bisa menjadi value added dan menjadi referensi konsumen untuk menentukan produk atau jasa pilihan mereka,” ujar Tri Raharjo.

Tri menambahkan, keberhasilan sebuah brand dalam menciptakan sebuah ide ide inovatif dan juga yang pertama di kategori produk atau jasanya bukanlah sebuah perkara yang sederhana dan instan. "Tentunya, sebuah inovasi yang dibuat telah melalui serangkaian proses yang panjang, mulai dari riset market, survei keinginan konsumen, meriset produk kompetitor hingga pendanaan untuk menyempurnakan rangkaian proses tersebut sampai kepada titik dimana ide brilian tersebut melahirkan inovasi unggulan," ujarnya. Dia mengingatkan, inovasi layak menjadi budaya di dalam perusahaan.

"Kami telah mengumpulkan data data perusahaan atau brand brand inovatif yang terbukti berhasil menciptakan sebuah inovasi yang tidak hanya berdampak langsung terhadap konsumen mereka, juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja perusahaan ke arah positif,” kata Tri. Metodologi Penelitian Dia menyebutkan, penghargaan 'Pertama di Indonesia' diberikan berdasarkan hasil riset dan pendaftaran dengan pendekatan tiga metodologi penilaian yakni The First Aspect, Evidence Aspect, dan Validation Aspect.

Pada First Aspect, perusahaan yang inovatif tersebut dianggap sudah memenuhi unsur sebagai yang pertama di Indonesia pada kategori produk/jasanya baik berupa inovasi atau pioneer di kategorinya. Kemudian pada Evidence Aspect, perusahaan yang dianggap inovatif memiliki alat bukti atau dibuktikan melalui pemberitaan sebagai yang Pertama di Indonesia di kategori produk/jasanya. Lalu, Validation Aspect, perusahaan yang dianggap inovatif diwajibkan menandatangani surat Validation Data & Disclaimmer sebagai Pertama di Indonesia atau dibuktikan dengan Online Validation Survey melalui mesin pencari dan media massa.

Penghargaan Pertama di Indonesia 1. Panen Houseware Mosque LP012 2. Confidence 3. Big Foam Premium 4. Wuling Motors 5. Gree Electric Appliances Indonesia 6. SiCepat Ekspres 7. Morinaga Chil Kid Soya 8. Morinaga Platinum 9. Prenagen Penghargaan Top Innovation Choice Award 2020

1. Shiseido Cosmetics Indonesia 2. Polytron 3. GT Radial 4. Gree Electric Appliances Indonesia 5. Sanken 6. Asuransi Jiwa Generali Indonesia 7. Speedwork Solusi Utama 8. Bank Syariah Mandiri 9. BRISyariah

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

AirAsia Indonesia Hadirkan Penerbangan Bernuansa Kemerdekaan di Rute-rute Ini

Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 75, maskapai penerbangan AirAsia Indonesia menghadirkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *