Home / Regional / Cerita Anggota KKB Terluka Tertembak Senjata Sendiri Saat Hendak Serahkan Diri di Puncak Jaya

Cerita Anggota KKB Terluka Tertembak Senjata Sendiri Saat Hendak Serahkan Diri di Puncak Jaya

Tendinson Enumbi, seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, tertembak senjata apinya sendiri ketika hendak menyerahkan diri kepada TNI. Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Eko Daryanto, menngungkap cerita di balik peristiwa tersebut. Awalnya Tendinson berangkat dari kampungnya di Distrik Mewoluk menuju Kota Mulia, Ibu Kota Kabupaten Puncak Jaya, Kamis (18/6/2020).

Saat dalam perjalanan Tendinson terjatuh di Kali Mewoluk. Saat terjatuh, pistol jenis beretta yang dibawanya meletus. Peluru dari pistol pabrikan Italia miliknya itu menembus pinggang dan betis kanannya.

"Tendinson Enumbi sudah ingin menyerahkan diri dan hidup normal, bukan karena dia mengalami luka tembak baru dia menyerah," kata Eko saat dihubungi pada Selasa (23/6/2020). Akibat luka tembak itu, Tendinson kini dirawat di RSUD Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Eko mengatakan, Tendinson akan dievakuasi ke rumah sakit yang memiliki fasilitas lebih baik di Jayapura.

Proses penyerahan diri Tendinson telah berlangsung lama. Setidaknya, aparat Kodim 1714/Puncak Jaya telah melakukan pendekatan selama satu bulan. Saat proses pendekatan itu, Tendinson sempat menyatakan ingin hidup normal. Ia ingin mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya.

"Tendinson sempat menyampaikan dirinya ingin kembali ke jalan yang benar dan hidup normal," kata Eko. Penyerahan diri Tendinson telah dilakukan secara simbolis. Senjata api jenis beretta milik Tendinson telah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Senin (22/6/2020).

Setelah menyerahkan diri, Tendinson akan mendapatkan pekerjaan dari Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya. "Bupati kan pernah sampaikan nanti mereka yang fasilitasi untuk pekerjaannya," kata Eko. Ini bukan kali pertama seorang anggota KKB di Puncak Jaya menyerahkan diri.

Kejadian serupa pernah terjadi pada 23 November 2019. Saat ini, Telangga Gire yang merupakan ajudan pemimpin TPN OPM Goiath Tabuni menyerahkan diri. Telangga menyatakan bergabung dengan NKRI.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Ternyata Begini Faktanya Viral Video Istri Luapkan Kekesalan pada Suami ‘Jangan Pedulikan Aku Bang’

Viral video istri kesal pada suami, karena sudah melakukan pekerjaan rumah. Video tersebut dibagikan akun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *