Home / Kesehatan / Dapat Melatih Motorik & Kognitif Anak Manfaat Mendongeng melalui Buku

Dapat Melatih Motorik & Kognitif Anak Manfaat Mendongeng melalui Buku

Mendongeng di masa emas tumbuh kembang anak punya manfaat motorik dan kognitif yang bisa membantu tumbuh kembang anak. Psikolog Klinis, dra. Ratih Ibrahim menjelaskan, saat membacakan dongeng, orangtua disarankan mengajak anak ikut memegang buku dan membalikkan halaman. Karena dengan cara simpel tersebut, dapat melatih kemampuan otot tangan si kecil.

"Waktu kita mendongeng buah hati kita ikut belajar membolak balik halaman buku dongeng, ikut menelusuri gambar tokoh yang ada di situ maka aspek motorik halusnya terstimulasi," ucap Ratih saat live bersama Dancow, Selasa (21/7/2020). Kemudian ajak anak menirukan apa yang dilakukan para tokoh di dalam cerita dongeng seperti melompat dapat melatih motorik kasar anak. Saat anak mendengarkan dongeng maka kemampuan otaknya untuk berpikir atau pun membayangkan kejadian di dongeng pun meningkat.

Anak pun penasaran dengan kelanjutan cerita yang ingin disajikan yang sekaligus menumbuhkan rasa ingin tahu anak. "Mendongeng meningkatkan rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis anak dalam memecahkan masalah, imajinasi berkembang dan minat bacanya juga tumbuh. Aspek kognitifnya bisa dikembangkan," ungkap Ratih. Terakhir, manfaat mendongeng dapat menambahkan banyak kosa kata baru pada anak sehinga anak bisa semakin lancer berbicara dan bisa berkomunikasi dengab orang tuanya.

"Bahasa anak juga berkembang dengab dongeng karena meningkatkan pemahaman kosa kata anak menjadi lebih pintar untuk bisa berkomunikasi," pungkas Ratih.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Sediakan Selalu Makanan Sehat Ini di Rumah Agar Si Kecil Tak Mudah Sakit

Jaga daya tahan tubuh Si Kecil agar tak mudah sakit dengan konsumsi makanan berikut. Saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *