Home / Kesehatan / Ini Gejala yang Mungkin Timbul 6 Kelompok Orang yang Paling Rentan Tertular Virus Corona

Ini Gejala yang Mungkin Timbul 6 Kelompok Orang yang Paling Rentan Tertular Virus Corona

Warga Negara Indonesia kini sudah ada yang positif terkena virus corona. Hal ini tentu membuat kekhawatiran dan kepanikan dari warga di Indonesia. Ini dia orang yang rentan tertular virus corona yang sedang ramai dibicarakan ini.

Virus corona atau covid 19 diketahui bisa dengan mudah menular dari satu orang ke orang lainnya. Penularan virus yang berasal dari Wuhan, China itu dapat terjadi melalui droplet atau partikel kecil dari mulut (air liur) penderita yang mengandung mikroorganisme penyebab penyakit. Dokter Spesialis Paru RSUD Dr. Moewardi Surakarta, dr. Jatu Aphridasari, Sp.P(K), FISR, mengatakan virus corona bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak anak, orang dewasa, hingga orang lanjut usia (lansia).

Oleh sebab itu, semua orang patut mewaspadai penyakit akibat virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut. Namun jika dilihat dari segi keterjangkauan, menurut dia, ada 6 kelompok orang yang tergolong paling rentan tertular virus corona. Mereka di antaranya, yakni:

Jatu menyebut enam kelompok orang tersebut sebagai kelompok kontak erat. Kontak adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada dalam ruangan dengan penderita covid 19. Selain itu, predikat kontak erat juga bisa disematkan kepada mereka yang telah berkunjung dengan bercakap cakap dalam radius 1 meter dengan pasien dalam pengawasan, probabel maupun konfirmasi.

Jatu menjelaskan pasien dengan pengawasan adalah seseorang yang mengalami beberapa gejala sebagai berikut: Sedangkan pasien probable iadalah pasien dalam pengawasan yang diperiksa untuk covid 19, tetapi tidak dapat disimpulkan (inkonklusif) atau seseorang dengan hasil konfirmasi positif pan corona virus atau beta corona virus. Dua wargaDepok, Jawa Barat, yang merupakan seorang ibu (64) dan anak (31) dinyatakan positifvirus CoronaCovid 19.

Namun, Kementerian Kesehatan memastikan dua orang lainnya yang tinggal di rumah tersebut negatifCorona. Dua orang itu yakni kakak dari sang anak serta seorang pembantu. Kementerian Kesehatan mengaku sudah melakukan pemeriksaan kepada keduanya. "Sudah dua duanya diperiksa, dua duanya negatif," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Yuri menjelaskan, sang anak yang lebih dulu sakit memang dirawat intensif oleh sang ibu. Sementara sang kakak dan pembantunya tidak melakukan kontak intensif "Rupanya selama sakit, kakaknya tidak dekat kontaknya, bekerja, dan pembantu ada kesibukan sendiri," kata Yuri.

Adapun sang anak diduga tertular karena melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang sempat mengunjungi Indonesia. Sang anak perempuan itu sempat berdansa dengan WN Jepang di sebuah klub di Jakarta. Belakangan, WN Jepang yang sudah tiba di Malaysia positif Corona.

Setelah diperiksa, sang anak dan ibu juga dinyatakan terjangkitvirusasal China itu. Sang anak dan ibu saat ini diisolasi di Rumah Sakit Pusat Inveksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Sebelumnya, tukang kebun itu dibawa oleh petugas Dinas Kesehatan Kota Depok pukul 15.00 WIB, saat polisi hendak mensterilkan rumah tersebut.

"Statusnya masih ODP (orang dalam pengawasan). Dibawa ke RSPI (Sulianti Saroso)," kata Novarita ketika dihubungi Kompas.com, Senin (2/3/2020) malam. "Antisipasi saja. Masih (sehat), hanya karena tinggal serumah (dengan pasien) jadi dikhawatirkan tertular. Belum (menunjukkan gejala gangguan pernapasan)," ia menambahkan.

Hal ini dibenarkan oleh Teguh Prawiro, ketua lingkungan setempat kompleks perumahan pasien positifcoronadi Depok. Ia mengungkapkan bahwa tukang kebun tersebut dalam keadaan sehat. "Asisten rumah tangga itu sampai hari kemarin masih berinteraksi dengan warga dan sehat.

Hari ini sudah dibawa ke rumah sakit, enggak tahu untuk diobservasi atau bagaimana," jelas Teguh, Senin sore. Saat ini, rumah pasien positifvirus coronadi Depok sudah dipasangi garis polisi untuk disterilkan sejak Senin siang. Sterilisasi dilakukan untuk radius 20 meter sebagai jarak aman kemungkinan penularanviruscorona.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Sediakan Selalu Makanan Sehat Ini di Rumah Agar Si Kecil Tak Mudah Sakit

Jaga daya tahan tubuh Si Kecil agar tak mudah sakit dengan konsumsi makanan berikut. Saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *