Home / Nasional / Politikus Demokrat Pertanyakan Kenapa Pemerintah Buat Perppu Lagi Terkait Pemulihan Ekonomi

Politikus Demokrat Pertanyakan Kenapa Pemerintah Buat Perppu Lagi Terkait Pemulihan Ekonomi

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mempertanyakan mengapa pemerintah perlu membuat Perppu lagi terkait pemulihan ekonomi. Didi mengatakan padahal Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang pemulihan ekonomi terkait Covid 19 banyak menimbulkan perdebatan di tengah masyarakat dan juga di parlemen. Menurutnya, untuk saat ini pemerintah seharusnya mengkaji terlebih dahulu evaluasi pelaksanaan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 sebelum membuat Perppu baru sejenis.

Karena, kata dia, sulit bagi DPR untuk melakukan evaluasi dan pengawasan bila pemerintahan selalu memaksakan kehendaknya melalui Perppu dengan dalil keadaan darurat. Padahal pertanggungjawaban keuangan negara dan akuntabilitas menjadi taruhan besar. "Kalau Perppu itu untuk perubahan APBN bisa dipahami, atau kalau untuk menjamin tidak terjadinya rush uang atau modal juga bisa dipahami. Hanya saja harus jelas apa ancaman yang bisa mengganggu stabilitas keuangan?" tanya Didi.

Wakil Sekjen Partai Demokrat itu menegaskan yang paling mengancam saat ini adalah dampak pandemi Covid 19 yang disebutnya sebagai 'real shock'. Didi mengatakan yang dibutuhkan adalah bagaimana agar ada sinergi lintas kementerian/lembaga termasuk Pemda, untuk optimalisasi dalam mengatasi pandemi ini. Karena inilah penyakitnya. "Sedang dampak ekonomi, termasuk di bidang keuangan, adalah simtom nya. Maka sinergi tak hanya antar lembaga keuangan, juga kesehatan, dan semua yang potensial dalam mengatasi pandemi, diperlukan," kata dia.

"Contoh kurangnya sinergi terlihat dari pemda Bali. Sementara Kementerian Pertanian misalnya, seakan berlomba bikin obat corona tanpa uji klinis yang memadai," tutupnya.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Jangan Salahkan Jika Ada Anggapan Jokowi Pentingkan Citra Dibanding Tolong Rakyatnya Demokrat

Politikus Demokrat Didik Mukrianto menyoroti temuan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyebut pemerintah telah menghabiskan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *