Home / Corona / Rapid Test Covid-19 PMI & ODP Dimintai Bayaran Dugaan Mafia di Gianyar

Rapid Test Covid-19 PMI & ODP Dimintai Bayaran Dugaan Mafia di Gianyar

Satgas Covid 19 Kabupaten Gianyar, Bali, menyelidiki dugaan adanya mafia rapid test virus corona. Hal ini dilakukan menyusul kabar tak sedap adanya warga di Desa Petulu, Ubud, Gianyar, Bali, yang berhutang untuk membayar rapid test. Saat ini Satgas Gianyar telah menelusuri oknum yang bermain main dalam penggunaan rapid test tersebut.

Sebab sesuai aturan, rapid test untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) gratis. Kerabat pasien, Jumat (1/5/2020), NA kembali mengungkapkan adanya dugaan permainan kotor dalam rapid test setelah mendapatkan penjelasan Satgas Covid 19 Gianyar, bahwa rapid test berlaku gratis untuk PMI dan Orang Tanpa Gejala (PMI), dimana OTG ini biasanya adalah orang yang pernah kontak dengan pasien positf Covid 19. NA mengungkapkan, saat ini keluarganya yang berstatus sebagai PMI menjalankan rapid test, ia juga dimintai bayaran.

Bahkan karena PMI tersebut tidak memiliki uang ratusan ribu rupiah, ia sempat ikut membantu pembayaran. "Waktu PMI IPA ditest rapid pertama kali dengan dipanggil ke rumah sakit juga bayar. Saya ngemang pis masih (memberikan uang juga)," ujar NA geram. Saat ini, justru empat orang kerabatnya kembali dimintai bayaran dengan nominal berbeda.

Dari Rp 400 ribuan, Rp 300 ribuan, dan dua orang dewasa Rp 200 ribuan. "Dua orang yang masing masing kena Rp 200 ribu itu sudah bayar, sementara sisanya belum, masih ngutang karena tidak punya uang," ungkap. Informasi yang dihimpun di internal Satgas Covid 19 Gianyar, saat ini mereka tengah menelusuri oknum yang diduga sebagai mafia rapid test tersebut.

Penelusuran ini dilakukan di RSUD Sanjiwani Gianyar, lantaran para pasien ini dirujuk ke rumah sakit pemerintah Gianyar tersebut. Juru Bicara Satgas Covid 19 Gianyar, Dewa Alit Mudiarta mengatakan, rapid test untuk PMI dan OTG sifatnya gratis. "Sesuai ketentuan semua rapid test yang dari OTG dan PMI tidak bayar atau gratis dan mohon kalau dipungut biaya tiang (saya) minta tanda buktinya tiang laporkan pimpinan untuk diberikan sanksi," tandasnya.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Jakarta ‘Sumbang’ 489 Kasus Baru Covid-19 Per Senin 3 Agustus

DKI Jakarta pada hari ini, Senin (3/8/2020) mendapat tambahan 489 kasus positif virus corona atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *