Home / Sport / Repsol Honda Bisa ‘Manyun’ Lagi di MotoGP Austria 2020 Marc Marquez Absen

Repsol Honda Bisa ‘Manyun’ Lagi di MotoGP Austria 2020 Marc Marquez Absen

Seri balap MotoGP Republik Ceska menghadirkan rekor buruk bagi tim Repsol Honda. Krisis yang dialami mereka lantaran sang pebalap utama, Marc Marquez absen. Jelang seri balap MotoGP Austria 2020, krisis itu menghantui.

Mereka bisa saja kembali 'manyun' alias tanpa senyum di seri mendatang. Pada MotoGP Ceko 2020, pada sesi kualifikasi ketika dua pembalap mereka menempati posisi terbawah. Pembalap debutan Alex Marquez tenggelam di posisi ke 21, paling belakang, pada kualifikasiMotoGP Republik Ceska di Sirkuit Brno, Sabtu (8/9/2020).

Stefan Bradl yang turun sebagai pembalap pengganti juga tidak tampil lebih baik. Hampir setahun menepi dari balapan grand prix, Bradl cuma satu setrip di atas Alex Marquez. Alex Marquez pada akhirnya mampu mengamankan poin bagi Repsol Honda setelah finis di posisi ke 15 pada sesi balapan. Namun begitu, tambahan satu poin tak cukup bagi Repsol Honda untuk memperbaiki posisi mereka pada klasemen tim MotoGP 2020.

Repsol Honda malah turun ke posisi ke 10 pada klasemen tim MotoGP 2020 dengan koleksi 13 poin, hanya lebih baik dari Aprilia Gresini di posisi juru kunci (11 poin). Tidak mengherankan ketergantungan Repsol Honda terhadap Marc Marquez kembali diungkit, apalagi jika melihat besarnya kontribusi The Baby Alien bagi tim pada musim lalu. Dari 458 poin yang membawa Repsol Honda menjadi juara di klasemen tim MotoGP 2019, 420 poin di antaranya merupakan sumbangsih Marc Marquez.

Honda akan kembali tampil tanpa amunisi terbaiknya. Marquez memperpanjang masa pemulihan cedera lengannya setelah dokter terpaksa mengganti plat fiksasi yang menempel di tulang humerus pada Senin (3/8/2020) silam. Manajer Tim Alberto Puig mengonfirmasi bahwa Marquez akan absen pada seri balap keempat MotoGP Austria yang berlangsung akhir pekan ini, 14 16 Agustus 2020.

"Kami akan diperkuat Bradl lagi pekan ini in di Austria, di sebuah trek yang berbeda seperti Red Bull Ring," kata Alberto Puig, dilansir BolaSport.com dari Motorsport . Puig tidak berbicara banyak mengenai target. Fokus Stefan Bradl terancam terbagi karena Honda berencana memberinya tugas untuk menjajal komponen baru di sela sela penampilannya di Red Bull Ring.

Sementara dengan Alex Marquez, Puig berharap agar juara dunia dua kali tersebut bisa segera menyesuaikan diri dengan motor balap RC213V. "Kami berharap Alex akan melanjutkan pertumbuhannya, berkembang sebagai seorang pembalap dan membuat kemajuan," tutur Puig lagi. "Dia harus memahami motornya lebih baik dan terutama dengan ban. Dia terus menemukan masalah untuk beradaptasi dengan kompon yang baru dan itu menyulitkannya."

Alex Marquez bukan satu satunya pembalap Honda yang mengalami kesulitan dengan motor RC213V 2020. Masalah dengan grip bagian depan membuat Honda mengambil kembali winglet musim lalu untuk dipadukan dengan mesin yang baru. Cal Crutchlow (LCR Honda) yang kebagian motor baru dari Honda mengaku bahwa motor yang dikendarainya sekarang mirip dengan motor musim lalu.

"Motor yang saya kendarai pada dasarnya sangat mirip dengan motor 2019, kecuali upgrade di bagian elektronik dan mesin," kata Crutchlow, dilansir dari The Race . "Alasan kami menggunakan paket aero 2019 adalah karena peraturan telah berubah dan sekarang Anda hanya memiliki sekali kesempatan untuk mengubahnya." "Kami tidak bisa mengambil risiko untuk menghomologasi paket yang benar benar baru karena kami tidak tahu apakah itu akan bekerja dengan baik."

"Kami memulai dengan apa yang kami ketahui dan HRC bekerja di area tersebut. Kami mendapat satu kesempatan untuk dua tahun dan kami harus yakin sebelum melakukan homologasi." Sejauh ini, status pembalap terbaik Honda di MotoGP dipegang oleh Takaaki Nakagami yang mengendarai motor tahun lalu. Nakagami untuk sementara bertengger di peringkat kedelapan klasemen MotoGP 2020 dengan hasil terbaik finis di posisi keempat.

Takaaki Nakagami berpeluang meraih hasil bagus pada MotoGP Republik Ceska. Namun, start dari urutan ke 17 membuatnya harus puas finis di posisi kedelapan.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Gratis Sirkuit Brno MotoGP Ceko 2020 SESAAT LAGI Live Streaming TV Online Trans 7

Berikut adalah live streaming motogp Ceko 2020 di sirkuit Brno yang disiarkan langsung di Trans …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *