Home / Techno / Teknologi Kecerdasan Buatan & Blockchain Pengaruhi Masa Depan Industri Keuangan

Teknologi Kecerdasan Buatan & Blockchain Pengaruhi Masa Depan Industri Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, revolusi industri 4.0 menggambarkan perubahan yang mendasar dalam cara manusia hidup. Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida mengatakan, konsep penerapan 4.0 berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan dengan teknologi tanpa terlalu banyak memerlukan tenaga kerja manusia. "Dalam proses pengaplikasiannya, kita tahu perkembangan disrupsi teknologi baik artificial intelligence (AI), blockchain, teknologi kolaboratif ekosistem, cryptocurrency, demografi serta juga customer experience mempengaruhi masa depan industri jasa keuangan," ujarnya saat webinar, Rabu (24/6/2020).

Dia menjelaskan, industri 4.0 juga mempengaruhi cara masyarakat berkomunikasi dan berhubungan satu sama lain. "Di revolusi industri 4.0 ini merupakan fenomena yang kolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi," kata Nurhaida. Munculnya teknologi digital, lanjutnya, juga telah mempercepat laju disrupsi hampir di setiap industri dan telah menciptakan ambiguitas yang luar biasa.

"Namun, saat ini kita tahu ini juga tambah dipercepat ataupun tambah dampaknya disebabkan oleh adanya pandemi Covid 19 yang dialami oleh seluruh negara di dunia," kata dia.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Samsung Galaxy Note Series Selalu Berikan Inovasi Terbaru Sejak Pertama Meluncur

Galaxy Note yang diluncurkan pertama kali pada 2011, berbareng dengan istilah phablet di masyarakat. Sejak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *